Pentingnya Game Untuk Masa Depan


Game dirancang dan diproduksi sebagai produk hiburan yang mengandalkan daya pikat visual serta konsep interaktif. Berkembang sampai sekarang dari gagasan-gagasan luar biasa dalam konteks teknologi yang kian kencang kecanggihannya. Penting Game Itu, Game Baru yang dinantikan para penggemarnya dari berbagai penjuru dunia. Tapi anggapan bahwa game itu penting oleh sebagian masyarakat masih berkonotasi miring. Selalu ada tudingan yang muncul bahwa game seharusnya cuma dikonsumsi oleh anak-anak.

Sementara lebih banyak lagi pihak yang melulu mengkambinghitamkan game sebagai penyebab dekadensi moral generasi muda. Tudingan yang senada pula ditujukkan pada orang-orang dewasa yang gemar memainkan game. Mereka dianggap sebagai orang-orang yang kurang kerjaan dan masih belum dewasa. Kalau sudah begitu, situasinya menjadi serba salah.

Kontroversi Game di Era Modern

 Game di era modern telah mumunculkan sejumlah kontroversi. Pro kontra mengenai kehadiran video games di jaman sekarang memang cukup meresahkan. Munculnya sejumlah game yang menggumbar adegan kekerasan, caci maki, hingga seksualitas memang semakin meresahkan para orang tua. Ketakutan akan pengaruh game yang akan dimainkan anak-anak pun kian merebak seiring penyebaran informasi dan komunikasi di jejaring media sosial.

Parahnya lagi, tindakkan yang dilakukan kebanyakan orang tua ialah dengan melarang sama sekali anak-anaknya untuk bermain game. Menimbulkan efek domino seperti anak-anak yang semakin merasa terkekang dan sembunyi-sembunyi jika hendak bermain game. Sebelum popularitas sejumlah game berkonten dewasa muncul ke permukaan, sudah dari bagi anak-anak. Kebanyakan karena dituding menyita waktu yang seharusnya digunakan anak-anak untuk belajar atau istirahat.

Mendisiplinkan Kategorisasi Game

Kekhawatiran mengenai game ini berkembang secara global. Di berbagai belahan dunia, pengaruh buruk dari game pada anak-anak sering terwacanakan. Hal ini pula yang memperparah  stigma negatif game di jaman modern. Padahal, sendiri merupakan hasil peradaban modern yang kalau kita amati secara jernih memiliki sejumlah manfaat positif. Keutamaannya dari segi hiburan dan industri game sekarang ini pun sangat dinamis dengan tenaga-tenaga kreatif yang kian profesional.

Solusi sebenarnya untuk menganstisipasi dan sekaligus mengatasi masalah-masalah negatif tersebut cukup sederhana yaitu dengan mendisiplinkan kategorisasi game. Sebagaimana dalam produk-produk budaya populer lainnya seperti film, buku, komik, dan sejenisnya, harus ada kategorisasi yang jelas misalnya pembatasan usia.

Dengan demikian, peran orang tua dalam pengawasan yang cukup ketat soal kategorisasi game seharusnya lebih dominan. Regulasi mengenai pembatasan kategori game ini akan menunjukan hasilnya kalau ada kerjasama yang baik dengan konsumen. Kalau sudah melewati masa-masa adaptasi regulasi dan penerapannya, niscaya perbagai masalah yang dulu sering menjerat bisa teruraikan dengan sendirinya.

Game Untuk Masa Depan

Hubungan antara game dengan masa depan manusia pun sangat erat. Menarik sekali karena di dalam dunia game sudah sering mengimajinasikan gambaran kehidupan manusia di masa mendatang. Tidak melulu sebagai hasil fantasi para kreator game dan para pemainnya, namun kita sebetulnya sedang menuju ke arah sana. Jadinya ialah fenomena yang semakin luar biasa ketika kita menyadari bahwa teknologi yang diterapkan dalam dunia game di jaman sekarang menjadi gila-gilaan.

Hubungannya dengan masa depan pun semakin kompleks. Diakui bahwa berbagai penerapan aplikatif dalam operasional industri, komunikasi, informasi, dan beragam aspek yang menyangkut keseharian manusia ternyata didasarkan pada konsep game. Tujuannya pun bukan sebagai sarana hiburan audio visual interaktif tapi sudah menjadi perangkat aplikatif.

Manfaat Game Bagi Anak

 Jika game diperhitungkan sebagai titik tolak perkembangan kehidupan di masa mendatang, tentu saja akan berkaitan pada kehidupan keluarga. Titik beratnya adalah bagi anak-anak. Setelah melewati masa-masa perdebatan panjang yang masih berlangsung hingga saat ini, paradigma negatif mengenai game lama kelamaan bakal memundar. Disebabkan oleh kenyataan di jaman sekarang yang menunjukkan bahwa pengalaman bermain game bagi anak-anak justru bermanfaat sekali bagi mereka.

Apa saja bentuk manfaat game bagi anak dan kaitannya dengan masa depan manusia? Generasi mendatang adalah hasil dari pesatnya perkembangan teknologi dari beragam sisi. Generasi itulah yang sekarang ini masih kanak-kanak dan menjalani kehidupan masa kecilnya melalui pengalaman-pengalaman kehidupan yang serba digital. Game bukan lagi sekedar mainan atau hiburan bagi anak-anak. Di sekolah-sekolah modern, ada sejumlah penerapan pendidikan yang diadaptasikan dari aplikasi game.

Kian banyak orang yang menydari pentingnya game bagi proses pertumubuhan dan pendidikan anak-anak. Kita hanya perlu memanfaatkannya secara tepat, justru kalau sering dibatasi malah akan menghambat kreativitas dan nilai pikir anak-anak. Perlu juga kita mengingat bahwa sekarang adalah jaman yang sama sekali berlainan dengan masa kecil kita. Tidak aneh jika anak-anak kecil sudah mahir menggunakan aplikasi di gadget dan dan lebih terampil dari orang tuanya.

Penggunaan game di smartphone dirasa memang lebih tepat bagi anak-anak. Modelnya yang aplikatif dan praktis lagi karena tak butuh perangkat besar. Namun orang tua juga yang bertanggung jawab mengontrol jenis game apa saja yang sedang dimainkan oleh para buah hati mereka.

Manfaat Game Bagi Orang Dewasa

Game bukan hanya di mainkan bagi anak-anak. Sudah sedikit disinggung di bagian awal tulisan ini bahwa banyak orang dewasa yang menggilai game dengan berbagai level dan event yang rasa-rasanya terasa mustahil bagi orang awam. Tapi bagi sebagian orang dewasa, game bukan semata-mata untuk hiburan, bukan pula untuk pelampiasan obsesi atau melepaskan stres. Game nyaris menjadi bagian hidup yang hanya bisa dipahami sendiri oleh mereka yang menjalaninya.

Uniknya lagi, game juga telah menjadi bahan-bahan kajian akademis yang bertautan erat pada aspek kultural masyarakat modern. Tentunya ini bukan merupakan hasil kreasi kultural yang memiliki keunikan tersendiri.

Peluang Lapangan Kerja

Dinamika dan perkembangan dunia game yang sangat progresif pada akhirnya akan membuka mata msyarakat mengenai pentingnya di masa mendatang, khususnya untuk skala industri hiburan yang masif. Sekarang saja bukan hal yang aneh kalau ada yang bekerja khusus sebagai tester game hingga perancangnya. Game sendiri diciptakan dari berbagai bidang ilmu pengetahuan berbasis teknologi yang selalu kmpleks. Mulai dari tema, sejarah, politik, hingga fantasi, semuanya bisa dihadirkan kenyataan dalam ruang virtual. Dengan demikian, peluang untuk menciptakan karya-karya kreatif yang lebih dahsyat akan semakin terbuka luas di masa mendatang. itu berarti kesempatan kerja yang sangat menggiurkan dan berlimpah bagi para penggemar dan peminat game.








Belum ada Komentar untuk "Pentingnya Game Untuk Masa Depan"

Posting Komentar

iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel