Pengertian phising dan ciri-ciri nya

   Pasti kalian pernah kan melihat website palsu yang memungkinkan kita untuk memasukkan akun karena tergoda dengan tampilan web nya, itu berarti web phising. Phising adalah kata yang berasal dari Fishing yang artinya memancing, bukan memancing ikan tetapi memancing akun seperti game, Facebook, Instagram dan masih banyak lagi. Biasanya web phising ini selalu disebarkan melalui social media, dikarenakan social media adalah akun yang sering kita gunakan sehari-hari.

 Tindakan web phising ini dilakukan untuk mencuri email dan juga password yang akan dikirimkan kepada email pembuat phising dengan cara menyamar sebagai organisasi atau situs resmi. Biasanya orang yang melakukan phising itu adalah orang yang kelaparan karena harta akun atau hal lainnya dan bisa saja juga setelah mendapatkan akun phising mereka akan memakai akun itu untuk melakukan sebuah penipuan itu berarti akun sosial media, berbeda dengan akun game seperti Clash Of Clans, Clash Royale, dan Mobile Legends yang digunakan untuk akun pribadi atau pun dijual kembali. Jadi kalian harus berhati-hati untuk melihat website nya jangan pernah tergoda hanya untuk mendapatkan sesuatu.

 Ciri-ciri Web Phising
  1. Cek terlebih dahulu url atau link itu resmi atau tidak, biasanya kalau itu resmi terdapat sebuah ssl atau https dan disebelah kiri ada gembok.
  2. Ada alamat email dan password yang memungkinkan kita untuk memasukinya.
  3. Tampilan ada yang sama dan ada juga yang berbeda, kalau yang sama biasanya seperti Facebook dan Instagram atau sosial media lainnya, apabila kalian tidak mengetahui nya cek saja url seperti No 1 diatas, Tetapi kalau berbeda itu tampilan seperti Auto Likes atau Followers untuk social media dan game tampilan seperti hack Diamond dan gold.
Gambar web phising


 Clash Royale 

Clash Of Clans 

Facebook 

Dan masih banyak lagi.
Mungkin hanya itu saja yang saya dapat sampaikan semoga bermanfaat Terima kasih.