Game Android yang cocok untuk Anak Kecil

Tutorial Game - Tak hanya orang dewasa yang suka bermain game di waktu-waktu tertentu. Kini anak-anak juga banyak yang tertarik dengan game di Android, khususnya bagi mereka yang sejak kecil sudah diberikan gadget. Oleh sebab itu, sebagai orangtua, Anda perlu mengawasi game yang dimainkan anak-anak Anda. Kenalkan permainan khusus anak yang bisa mereka mainkan, sehingga tidak memberikan dampak buruk pada perkembangannya. Berikut ini beberapa rekomendasi game android untuk anak kecil yang bisa Anda unduh.

7 Game Android yang Cocok untuk Anak Kecil

Jangan melarang anak untuk bermain gadget, karena anak juga perlu diperkenalkan dengan teknologi terbaru. Yang perlu dilakukan yaitu membatasi dan mengawasi akses anak dalam menggunakan gadget, salah satunya dari game yang biasa dimainkan. Installkan beberapa game berikut ini yang cocok untuk anak Anda.

1. Suara Hewan

Kenalkan anak pada game Suara Hewan, permainan ini cocok bagi anak-anak khususnya balita. Game ini mengajarkan anak untuk mengenal nama-nama hewan beserta suaranya. Sehingga bisa melatih kemampuan kognitif anak untuk mengingat bentuk, nama, dan suara hewan.

2. Teka-Teki Bayi

Permainan selanjutnya yang cocok untuk anak kecil yaitu Teka-Teki Bayi. Ini merupakan game puzzle, dimana anak akan mencocokkan berbagai bentuk hewan, kendaraan, huruf, fan beberapa bentuk lainnya. Dengan bermain Teka-Teki Bayi, akan melatih kecepatan koordinasi otak dan respon dalam mencocokan benda-benda di dalam permainan. Efek audio dalam game ini sangat bagus untuk meningkatkan keceriaan anak saat bermain.

3. Tayo's Garage Game

Tayo's Garage Game merupakan memberikan edukasi kepada anak tentang berkendara. Tayo yang merupakan karakter bus pada serial kartun akan membuat anak senang saat memainkannya. Dalam game ini, anak diajarkan bagaimana cara mencuci mobil, mengisi bahan bakar, menyetir, hingga berbagai peraturan tentang keselamatan berkendara. Tak hanya itu saja, di dalam game ini juga terdapat pelajaran dimana untuk menyetir kendaraan harus memiliki kelengkapan surat-surat seperti SIM.

4. Real Cake Maker 3D

Real Cake Maker 3D merupakan game masak-masakan yang cocok bagi anak perempuan Anda. Game ini mengajarkan anak untuk membuat berbagai jenis kue dengan bahan-bahan yang sudah di sediakan sesuai dengan resep. Anak bisa mengenal bahan-bahan pembuat kue melalui permainan ini. Permainan tersebut memiliki tampilan visual yang cerah dan menarik, sehingga tidak membuat anak bosan.


5. Permainan Pendidikan Anak

5 Game selanjutnya yang bisa Anda kenalkan kepada anak yaitu "Permainan Pendidikan Anak 5". Permainan ini mengajarkan anak untuk menyelesaikan Puzzle, menulis alfabet, mencocokkan gambar, hingga mewarnai. Ini bermanfaat untuk melatih keterampilan motorik anak selama bermain game.

6. Dokter Gigi

Game ini cocok untuk mengajarkan anak bagaimana cara merawat gigi yang benar. Di dalam game ini, anak berperan menjadi dokter gigi yang harus membersihkan gigi kotor hingga melakukan operasi kecil kepada pasien. Hal ini juga bisa menumbuhkan ketertarikan anak untuk menjadi dokter gigi maupun belajar merawat gigi dengan benar agar tidak terserang penyakit.

7. Funny Food 2

Game terakhir yang coock untuk anak kecil yaitu Funny Food 2. Game tersebut mengajikan berbagai permainan seperti mengenal jenis buah, warna, sayur, berhitung, hingga belajar memasak. Dapat dikatakan bahwa game ini cukup lengkap menghadirkan permaian untuk anak. Setiap level memiliki jenis permainan yang berbeda untuk diselesaikan.


Demikanlah 7 jenis game android untuk anak kecil yang cocok dimainkan anak Anda. Tak hanya sebagai hiburan, namun juga memberikan edukasi sejak dini melalui cara yang menyenangkan.