Cerita Perjalanan Singkat Mengenai Sejarah Adanya Facebook

 Cerita Perjalanan Singkat Mengenai Sejarah Adanya Facebook
 Sejarah adanya Facebook – Di jaman serba internet sekarang ini di mana semua orang bisa saling terhubung  secara instan meski berada di zona waktu dan belahan dunia yang berbeda, siapa yang tidak kenal dengan nama Facebook. Ya, Facebook adalah pendobrak tren media sosial yang mengubah dunia dengan berbagai macam fiturnya yang memudahkan orang untuk berbagi segalanya di halaman profil Facebook dan bisa dilihat oleh orang lain baik secara terbuka ataupun secara tertutup. Anda jadi tahu teman SMA dulu sekarang sudah punya anak 2, teman pacar Anda yang sekarang baru saja pulang dari liburan, sampai melihat foto ibu Anda jaman dahulu yang dikirimkan dan ditandai oleh temannya semasa sekolah dulu. 


Sungguh luar biasa hidup di jaman Facebook sekarang ini yang populer hampir di semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang tua pun ikut melek teknologi dan punya akun Facebook sendiri. Kalau bukan karena Mark Zuckerberg dan rekannya Eduardo Saverin yang memutuskan untuk membuat sebuah media sosial dengan gaya yang baru dan jangkauan yang lebih luas, Anda mungkin masih terjebak dengan ruang lingkup dunia yang lebih sempit dan mulai lupa dengan kehidupan yang pernah Anda jalani bersama dengan teman-teman di masa lalu. Sebenarnya bagaimana sejarah adanya Facebook dibuat? Apa yang membuat Mark memutuskan untuk melepaskan status akademisnya di Harvard University demi menekuni Facebook?

Awalnya dibuat untuk lingkungan kampus Harvard
Sebelum jadi salah satu situs yang paling banyak dikunjungi di dunia saat ini, Facebook sebenarnya adalah media sosial yang dibuat oleh Zuckerberg untuk mahasiswa di lingkungan Harvard University, tempatnya mengenyam pendidikan. Facebook secara resmi diluncurkan secara online pada bulan Februari 2004, namun petualangan Zuckerberg dalam membuat situs sosial dimulai pada tahun 2003 dengan diluncurkannya FaceMash. FaceMash adalah situs yang membuat para siswa di Harvard memilih mana di antara kedua foto yang ditampilkan lebih cantik atau lebih ganteng. Namun tidak lama setelah diluncurkan, FaceMash harus ditutup karena dianggap melanggar hak cipta dan melanggar privasi karena foto yang dipajang diambil dari dokumen digital yang dimiliki oleh pihak administrasi kampus Harvard yang dinamakan “face book”.

Sejarah adanya Facebook berawal dari keinginan Zuckerberg untuk menciptakan sebuah situs sentral yang bisa memuat informasi dasar mengenai warga kampus Harvard yang sifatnya universal untuk menggantikan sistem yang sudah ada namun sifatnya privat dan tradisional. Jadilah pada tanggal 4 Februari 2004, muncul situs online yang ditulis sendiri oleh Mark Zuckerberg dengan nama TheFacebook.com. Situs media sosial yang awalnya ditujukan untuk menghubungkan mahasiswa Harvard dalam satu situs universal, mulai dibuka untuk lingkungan kampus lainnya di area tersebut dan tidak lama kemudian menjadi situs universal yang digunakan di seluruh kampus di Amerika Serikat dan Kanada. Hingga kini pengguna TheFacebook yang kemudian berubah nama menjadi Facebook pada tahun 2005 sudah memiliki jumlah pengguna lebih dari 2 milyar orang di seluruh dunia. 

Zuckerberg dituding mencuri ide orang lain untuk membangun Facebook
Layaknya perjalanan sukses seseorang, sejarah adanya Facebook juga tidak luput dari kisah bernada negatif yang menjadi hambatan ketika itu untuk mengembangkan Facebook. Tidak lama setelah Facebook.com diluncurkan, tiga orang senior Zuckerberg yaitu Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss, dan Divya Narendra menuntut Mark Zuckerberg dengan tuduhan penipuan dan pencurian ide. Tiga orang senior Harvard ini menuduh Zuckerberg mengakali mereka untuk membagikan ide-ide untuk membuat sebuah situs baru, yang akhirnya justru digunakan Zuckerberg untuk mengembangkan situsnya sendiri. Kasus ini harus berakhir di pengadilan pada tahun 2008 dengan adanya kesepakatan antara Zuckerberg dengan penuntutnya. Namun apakah benar Zuckerberg mencuri ide orang lain untuk digunakan mengembangkan Facebook masih menjadi misteri. Itulah dia sedikit informasi mengenai perjalanan sejarah adanya Facebook